14 Mei 2008

Blog Pawon Sastra Diluncurkan

Artikel berikut saya kutip dari http://harianjoglosemar.com dengan tanpa mengurangi atau menambah tulisan di dalamnya. Saya berharap ini akan bermanfaat bagi pembaca.

Rumah sastra sebagai salah satu komunitas sastra dan para sastrawan di Kota Solo, kembali membuat gebrakan baru dengan melaunching pawonsastra.blogspot.com. Blogspot sebagai media sosialisasi bulletin Pawon Sastra bermaksud mengedepankan keberadaannya sebagai media ekspresi dan kreativitasan dari para penulis yang pantas diperhitungan bagi Kota Solo khususnya dan dunia penulisan di Indonesia. Termasuk juga forum komunitas bersifat elektronik yang dapat dipakai untuk memperkenalkan tulisan-tulisan para penulis dan agenda program Rumah Sastra.

Joko Sumantri pendiri Rumah Sastra, Petoran Jebres, mengemukakan bahwa acara yang digelar bersamaan dengan momen Valentine’s Day di Rumah Sastra dan syukuran tumpengan tersebut sesungguhnya sangat terlambat. “Seharusnya blogspot dilaunching saat ulang tahun Pawon Sastra yang pertama, 29 Januari lalu,” ujarnya. Namun, kesibukan dari para pengurus Pawon yang menjadi salah satu kendala, dan baru terealisasi di bulan Februari ini.

Lebih Lanjut Joko menjelaskan bahwa kehadiran blogspot yang akan senantiasa diupload sebulan sekali akan mampu memfasilitasi para penikmat sastra dengan sajian berbagai tulisan dari para penulis Solo dan sekitarnya. Penulis-penulis itu adalah Kabut, Tia Setiadi, Riri dan Agus Manaji. Baik itu karya berupa artikel, puisi, cerpen dan juga esai.

“Agenda-agenda kegiatan yang akan dibuat Rumah Sastra pun bisa diakses di blog tersebut,” tutur Joko. Ia juga menambahkan di antaranya adalah kemah sastra sebagai salah satu agenda terbaru dan mendekati hari H, yang akan diadakan 20-23 Maret bertempat di Padepokan Lemah Putih Mojosongo. Kemah yang diharapkan diikuti oleh para pelajar, mahasiswa dan umum sebagai proses pembelajarn sastra yang santai, egaliter, dan segar. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan relasi posiitif antar penulis di Solo, antara pelajar dan mahasiswa, juga calon penulis yang selama ini terkesan takut menulis dan merasa kesulitan untuk memulai suatu tulisan entah dengan bentuk apapun juga. (qds)

Tidak ada komentar: